Studi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 dan Jalur Pedestrian Gerbang Barat Kampus ITERA
Sistem transportasi yang terpadu di lingkungan kampus dapat memberikan sinergi fungsi
yang optimal terhadap prasarana dan moda transportasi sehingga mampu meningkatkan
efisiensi dalam melakukan mobilisasi. Gerbang barat kampus ITERA merupakan salah satu
akses masuk dan keluar kampus ITERA dengan kondisi perkerasan jalan yang mengalami
kerusakan struktural dan adanya aktivitas pejalan kaki di badan jalan. Tujuan dari
penelitian ini yaitu merencanakan tebal lapis perkerasan kaku dan rencana anggaran biaya
(RAB), serta merencanakan jalur pedestrian pada gerbang barat kampus ITERA.
Perencanaan terhadap desain tebal perkerasan kaku dan jalur pedestrian dilakukan dengan
metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 dan Pedoman Teknis Perencanaan Fasilitas
Pejalan Kaki 2023. Jenis perkerasan kaku yang direncanakan yaitu perkerasan kaku
bersambung tanpa tulangan (JPCP) dengan tebal pelat beton 150 mm, tebal beton kurus
100 mm, dan lapis fondasi agregat (LFA) kelas A setebal 150 mm. Jenis Sambungan yang
digunakan batang pengikat diameter 13 mm, panjang 600 mm, dan jarak tiap batang
pengikat 750 mm serta sambungan melintang dengan batang ruji diameter 24 mm, panjang
450 mm, dan spasi tiap batang ruji 300 mm dengan pemasangan sambungan melintang
setiap jarak 4 m. Total rencana anggaran biaya yang diperlukan pada pekerjaan jalan yaitu
sebesar Rp2.118.111.173,31. Jalur pedestrian direncanakan lebar trotoar sebesar 1,85 m
dengan ketinggian trotoar 20 cm.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240095
Keyword
Transportasi Perkerasan Jalan Jalur Pedestrian Trotoar