Karakteristik Pola Perjalanan Civitas Akademika Universitas Bandar Lampung
Transportasi berkelanjutan merupakan perwujudan dari sitem transportasi. Dalam
transportasi berkelanjutan dapat menghasilkan sebuah pola pergerakan yang dipengaruhi
adanya aktivitas atau kegiatan salah satunya merupakan pendidikan. Universitas Bandar
Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta dengan jumlah civitas akademik
yang dapat bertambah setiap tahunnya sehingga mempengaruhi struktur transportasi kota
dan wilayah yang disebabkan oleh pergerakan civitas akademik. Salah satunya ialah ruas
jalan sekitar Universitas Bandar Lampung yaitu Jalan Zainal Abidin Pagar Alam yang
terdapat kepadatan. Dari masalah tersebut, maka penelitian ini didasari dengan perlu
adanya data baru terkait karakteristik pola perjalanan seiring bertambahnya jumlah civitas
akademika Universitas Bandar Lampung setiap tahunnya sehingga tidak dapat memberi
masukkan kebijakan transportasi dan membantu menyelesaikan masalah terkait
trasnportasi di sekitar Universitas Bandar Lampung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengidentifikasi pola perjalanan civitas akademika Universitas Bandar Lampung. Fokus
penelitian ini ialah karakteristik pola perjalanan yang terdapat dua kelompok civitas yaitu
kelompok staf yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan tenaga operasional serta
kelompok mahasiswa dalam seminggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
dengan pendekatan deduktif dan metode kuantitatif. Pada penelitian ini dilakukan analisis
dengan analisis statistik inferensial dan analisis spasial. Pada penelitian ini terdapat 3 aspek
yaitu aspek sosio-demografis, karateristik tempat tinggal dan karakteristik perjalanan. ada
aspek sosio-demografis staf dan mahasiswa Universitas Bandar Lampung terlihat
beragamnya rata-rata pendapatan/uang saku dan rata-rata kepemilikan kendaraan antara
staf yang didominasi pendapatan sebesar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 dan mahasiswa
yang didominasi uang saku sebesar Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 Universitas Bandar
Lampung. Pada karakteristik tempat tinggal staf dan mahasiswa terlihat bahwasanya ratarata jarak antara tempat tinggal menuju kampus beragam, dimana didapatkan staf dengan
rata-rata jarak terjauh ialah 3 – 10 Km dan mahasiswa dengan rata-rata jarak terjauh ialah
3 – 6 Km. Terdapat rata-rata jumlah perjalanan dalam seminggu yang dimana pada staf dan
mahasiswa didominasi dengan jumlah perjalanan pada rentang 2 – 3 perjalanan, yang
dimana pada staf didominasi dengan watu aktivitas terpadat pada pukul 16 :00 WIB dengan
tujuan perjalanan yaitu bekerja dan mahasiswa didominasi dengan waktu aktivitas terpadat
pada pukul 13 : 00 WIB dengan tujuan perjalanan yaitu tempat tinggal. Dengan demikian
data karakteristik pola perjalanan civitas Akademika Universitas Bandar Lampung dapat
dijadikan data yang menggambarkan karakteristik pola perjalanan civitas akademika
Universitas Bandar Lampung guna menciptakan transportasi yang berkelanjutan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409230250
Keyword
Transportasi Berkelanjutan Pola Pergerakkan Civitas Akademika Universitas Bandar Lampung