Analisis Uji Kekerasan dan Uji Struktur Mikro Rel Kereta Api Tipe Rel R-54 Dengan Variasi Media Pendingin Heat Treatment
View/Open
Author
ADINDA, KANAYA TABITHA
Advisor
Ir. Amelia, Oktavia, S.T.,M.T.,IPM.,CST.,CSP Ir. Bambang , Drajat, S.T.,M.T.,IPU.,ASEAN.,Eng
Koleksi
Student Dissertations and Theses
Publisher
Baja rel R.54 merupakan baja yang termasuk kedalam baja karbon tinggi. Baja rel R.54 memiliki unsur karbon 0,60-0,80 % memungkinkan dapat dilakukan proses pengerasan dengan perlakuan panas (Heat Treatment) yang sesuai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi media pendingin terhadap pengamatan struktur mikro dan nilai kekerasan pada proses pengerasan baja rel R.54. Metode vickers dengan pembebanan 500 gf termasuk salah satu aspek penting dalam pengujian kekerasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kekerasan tanpa perlakuan panas yaitu 383,93 HV dan nilai kekerasan setelah perlakuan panas dengan tiga variasi media pendingin yaitu air sabun sebesar 669,13 HV, garam dapur (NaCl) 35% sebesar 689,14 HV, dan oli baru sebesar 835,50 HV. Ketiga media pendingin dapat disimpulkan bahwa tingkat kekerasan baja tertinggi dicapai pada spesimen yang dikeraskan dan didinginkan dengan media pendingin oli baru. Viskositas oli baru berpengaruh terhadap tingkat kekerasan baja rel R-54. Tingkat kekerasan baja rel R-54 akan meningkat seiring dengan bertambahnya viskositas oli yang dimasukkan kedalam media pendingin baja rel R-54 setelah proses quenching. Hasil pengamatan struktur mikro pada sampel baja rel R-54 menunjukkan bahwa terjadi perubahan fasa tanpa perlakuan panas yang terbentuk adalah ferrit dan perlite menjadi terbentuknya fasa ferrit, austenite dan martensite karena proses pemanasan austenite yang didinginkan secara cepat pada media pendingin.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409230129
Keyword
Kereta api Baja Rel R-54 Perlakuan Panas Struktur Mikro Kekerasan Rel R-54