Pengaruh Variasi Serat Terhadap Kekuatan Bending Pada Produk Komposit Tuas Rem Tangan Sepeda Motor
Banyaknya jumlah sepeda motor saat ini berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan komponen suku cadang (spare part) sepeda motor seperti tuas rem tangan sepeda motor dianggap sebagai salah satu komponen keselamatan yang sangat penting. Peningkatan dan pengembangan terhadap desain produk yang berkelanjutan dengan karakteristik yang baik dan biaya produksi yang rendah, material komposit semakin diminati dalam penggunaan material, terutama penggunaan serat alam dan serat buatan sebagai penguat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi serat terhadap kekuatan bending pada produk komposit tus rem tangan sepeda motor. Serat yang digunakan ialah serat karbon, serat kaca, serat kelapa, serat nanas dan resin epoxy sebagai matriks dengan fraksi volume yang digunakan ialah 40% serat dan 60% matriks. Pembuatan produk komposit dulakukan dengan menggunakan metode compression molding menggunakan cetakan 3d printing dengan model desain tuas rem tipe 53175-KRS-T80 merek honda dengan standar pengujian ISO-4294. Produk tuas rem tangan sepeda motor dengan serat karbon memiliki kekuatan bending paling tinggi sebesar 254,68 MPa, Sedangkan kekuatan bending paling rendah adalah pada serat kaca dengan nilai kekuatan bending sebesar 85,869 MPa. Kemudian bentuk patahan pada produk adalah fiber pullout pada karbon sedangkan pada serat kaca patahan yang terjadi adalah matriks crack. Jenis patahan lain juga terlihat pada jenis serat lain seperti pullout pada serat kelapa dan single fracture pada serat nanas.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409220045
Keyword
Produk Komposit Serat Kekuatan Bending Jenis Patahan Compression Molding