(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS KINERJA RUAS JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM BANDAR LAMPUNG MELALUI PENGATURAN U-TURN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MIKROSIMULASI LALU LINTAS


Ruas Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Bandar Lampung merupakan jalan perkotaan dengan tingkat aktivitas sosial yang padat, karena merupakan kawasan perdagangan dan jasa (komersil), selain itu adanya fasilitas U-Turn membuat ruas jalan tersebut sering kali mengalami kemacetan pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh U-Turn terhadap kinerja ruas jalan Zainal Abidin Pagar Alam dan mencari skenario perbaikan menggunakan software PTV VISSIM serta menganalisis hasil emisi karbon kendaraan yang dihasilkan. Setelah membuat permodelan menggunakan VISSIM, hasil keluaran volume dan kecepatan kendaraan dilakukan pengujian akurasi data dengan metode Uji T berpasangan. Kecepatan kendaraan pada kondisi eksisting relatif rendah yang diakibatkan oleh adanya fasilitas U-Turn dengan nilai kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 28,10 km/jam dan panjang antrian maksimal 231,59 meter serta waktu tundaan selama 3,42 detik pada ruas section 1. Kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 22,61 km/jam dengan panjang antrian maksimal 330 meter dan waktu tundaan selama 3,29 detik pada ruas section 2. Terdapat 3 skenario perbaikan yang dilakukan yaitu, pertama menutup semua U-Turn, kedua merelokasi U-Turn sejauh 25m ke arah tenggara dan ketiga merelokasi U-Turn untuk section 1 sejauh 50m ke arah tenggara dan untuk section 2 sejauh 210m ke arah tenggara. Skenario yang disarankan yaitu skenario 3 dengan peningkatan kecepatan kendaraan sebesar 23%, penurunan panjang antrean sebesar 88,1

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409200131

Keyword