Konsep Jadwal Pelayanan Bus Itera Berdasarkan Pola Pergerakan Internal Mahasiswa di Kampus Itera
Kebutuhan perjalanan harus seimbang dengan penyediaan sarana transportasi untuk menghindari munculnya dampak yang dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat. Dalam Kampus Itera jadwal layanan bus yang belum sesuai dengan waktu mulai dan selesai perkuliahan mahasiswa yang menjadi titik munculnya jumlah kebutuhan perjalanan yang besar, sehingga diperlukan adanya kajian mengenai pelayanan bus yang optimal berdasarkan pola pergerakan internal yang dihasilkan oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji jadwal pelayanan bus yang sesuai dengan potensi jumlah penumpang dari pergerakan internal di setiap gedung di Kampus Itera. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap analisis yaitu analisis kinerja bus, analisis pola pergerakan internal, dan perumusan jadwal pelayanan bus. Hasil dari penelitian ini pelayanan bus akan beroperasi dengan rute yang sama dengan 10 titik pemberhentian dengan waktu tempuh 15 menit. Bus yang akan beroperasi pada jam sibuk sebanyak 7 armada dengan pengaturan headway selama 2 menit 30 detik sesuai dengan hasil perhitungan rata-rata kebutuhan armada berdasarkan potensi penumpang dari jumlah pergerakan internal mahasiswa. Sedangkan pada jam normal, bus akan beroperasi sebanyak 2 armada dengan menunggu di pelataran Gedung B untuk menyesuaikan dengan jadwal tiba layanan bus eksternal. Pengaturan ini digunakan untuk menekan biaya operasional dari Tim BRT Itera. Maka dari itu layanan internal bus kampus Itera perlu ditingkatkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pergerakan yang baru dan menyesuaikan dengan rencana pengembangan sistem transportasi lainnya di Kampus Itera.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409200056
Keyword
Pola Perjalanan Internal Sebaran Pergerakan Transportasi Kampus