(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Geometri Jalan Terhadap Target Pengupasan Overburden di PT Putra Muba Coal


Pengupasan overburden di tambang terbuka merupakan proses yang harus dilalui untuk mendapatkan batubara yang terdiri dari penggalian dan pengangkutannya. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan rekomendasi geometri jalan agar tercapainya target pengupasan overburden. Metode yang digunakan adalah metode terapan dan mengambil data primer dan sekunder. Pada kondisi aktual di pit nakula PT Putra Muba Coal, pengupasan overburden mencapai 65%. Setelah dilakukan analisis terdapat beberapa segmen jalan yang perlu dilakukan rekomendasi geometri jalan. Rolling resistance dipengaruhi oleh jenis permukaan jalan dan amblasan, sedangkan grade resistance dipengaruhi oleh kemiringan jalan. Semakin besar tahanan maka berpengaruh pada siklus edar alat angkut. Berdasarkan hasil analisis penulis merekomendasikan lebar jalan tambang tiga kali lebar alat angkut terbesar untuk jalan tambang satu arah, kemiringan jalan (grade) maksimal 12% namun peneliti memberikan rekomendasi menjadi 8%, kemiringan melintang (cross slope) 2%, dan superelevasi disesuaikan dengan kecepatan alat angkut yakni 4%. Setelah dilakukan simulasi dan rekomendasi geometri jalan terjadi perubahan kecepatan siklus waktu edar dumptruck, hal ini berpengaruh pada pencapaian target produksi. Produktivitas alat angkut aktual sebesar 75326,60 BCM/Bulan mengalami peningkatan setelah dilakukan simulasi perbaikan geometri, kemampuan produktivitas alat angkut FAW 340 HP dalam satu bulan sebesar 127.4,64 BCM/bulan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409190213

Keyword
Geometri jalan Rolling resistance Grade resistance Produktivitas