STUDI EKSPERIMEN UJI PERFORMA MOTOR DIESEL SATU SILINDER MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR MINYAK SAWIT DENGAN ADITIF MAGNESIUM OKSIDA DAN PENAMBAHAN MAGNET PADA SALURAN BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL
Menurut Ricky Winaya, dkk.2002 menjelaskan bahwa peningkatan pengguanan
bahan bakar fosil ini menyebabkan cadangan bahan bakar fosil menjadi semakin
menipis. Hal ini membuat kita perlu mengembangkan energi alternatif. Energi
alternatif tersebut dapat berupa minyak nabati. Penelitian ini melakukan analisis
perbandingan bahan bakar minyak nabati dari unjuk kerja diesel dan emisi gas
buang. Unjuk kerja motor diesel berbahan bakar minyak kelapa sawit memiliki nilai
performa yang kurang baik, maka dibutuhkannya zat aditif pada minyak sawit dan
pemberian medan magnet yang diletakan pada saluran bahan bakar motor diesel
dalam upaya peningkatanya. Hasil penelitian yang telah didapat adalah nilai daya
efektif generator tertinggi yaitu menggunakan bahan bakar minyak sawit berbasis
aditif magnesium oksida 30 ppm tanpa menggunakan magnet dengan nilai rata-rata
3,392 kW, nilai penurunan SFC pada bahan bakar berbasis magnesium oksida
MNA 30 dan MNA 20M berturut-turut sebesar 5,6
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409180030
Keyword
Minyak Kelapa Sawit Magnesium Oksida Diesel Performa Motor Bakar Emisi Gas Buang