(0721) 8030188    [email protected]   

STUDI EKSPERIMEN UJI PERFORMA MOTOR DIESEL SATU SILINDER MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR MINYAK SAWIT DENGAN ADITIF MAGNESIUM OKSIDA DAN PENAMBAHAN MAGNET PADA SALURAN BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL


Menurut Ricky Winaya, dkk.2002 menjelaskan bahwa peningkatan pengguanan bahan bakar fosil ini menyebabkan cadangan bahan bakar fosil menjadi semakin menipis. Hal ini membuat kita perlu mengembangkan energi alternatif. Energi alternatif tersebut dapat berupa minyak nabati. Penelitian ini melakukan analisis perbandingan bahan bakar minyak nabati dari unjuk kerja diesel dan emisi gas buang. Unjuk kerja motor diesel berbahan bakar minyak kelapa sawit memiliki nilai performa yang kurang baik, maka dibutuhkannya zat aditif pada minyak sawit dan pemberian medan magnet yang diletakan pada saluran bahan bakar motor diesel dalam upaya peningkatanya. Hasil penelitian yang telah didapat adalah nilai daya efektif generator tertinggi yaitu menggunakan bahan bakar minyak sawit berbasis aditif magnesium oksida 30 ppm tanpa menggunakan magnet dengan nilai rata-rata 3,392 kW, nilai penurunan SFC pada bahan bakar berbasis magnesium oksida MNA 30 dan MNA 20M berturut-turut sebesar 5,6

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409180030

Keyword
Minyak Kelapa Sawit Magnesium Oksida Diesel Performa Motor Bakar Emisi Gas Buang