IMPLEMENTASI CROSS-SELLING DAN PROMOSI PRODUK BERBASIS DATA MINING DENGAN ASSOCIATION RULES PADA RUMAH MAKAN DEWI SHINTA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan pada Rumah Makan Dewi Shinta dengan menerapkan strategi pemasaran berbasis data mining menggunakan teknik Association Rules. Rumah makan ini menghadapi tantangan dalam persaingan bisnis yang ketat, sehingga diperlukan inovasi dalam strategi pemasaran, khususnya melalui penawaran paket produk (bundling) yang sesuai dengan pola pembelian pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data transaksi historis rumah makan yang telah dikumpulkan secara manual. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan aplikasi Orange untuk mengidentifikasi aturan asosiasi antar produk yang sering dibeli bersama oleh pelanggan. Hasil dari analisis ini digunakan untuk merancang strategi cross-selling, di mana produk yang sering dibeli bersama direkomendasikan sebagai paket bundling dengan harga yang lebih kompetitif. Penelitian ini menghasilkan beberapa rekomendasi paket bundling yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Implementasi dari rekomendasi ini menunjukkan adanya peningkatan transaksi setelah penerapan strategi bundling produk. Hasil penelitian ini memberikan manfaat praktis bagi pengelola rumah makan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka, serta memberikan kontribusi teoretis dalam aplikasi teknik data mining untuk bisnis kuliner.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409160018
Keyword
Cross-selling Data Mining Association Rules Market Basket Analysis Bundling Produk Rumah Makan Dewi Shinta