Evaluasi Perancangan Struktur Tebal Perkerasan Jalan Dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan (Mdpj) 2024 Menggunakan Program KENPAVE (Studi Kasus Jalan Lintas Sumatra, Pematang Panggang, Kec. Mesuji)
Ruas Pematang Panggang merupakan salah satu jalan lintas Sumatera yang berada di Kec
Mesuji dan merupakan jalan nasional yang menghubungkan pulau Sumatera dari provinsi
lampung sampai provinsi aceh. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh
dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) yang berada di Jl. Wolter Monginsidi No. 220
Teluk Betung - Bandar Lampung, dari data yang diperoleh tersebut digunakan untuk
menghitung rencana tebal perkerasan yang dihitung menggunakan metode MDPJ 2024,
selain itu data yang diperoleh dari BPJN tersebut berupa data tebal perkerasan eksisting
yang berada diruas pematang panggang dan kemudian diolah menggunakan KENPAVE
untuk dapat dievaluasi dengan permodelan elastic agar mengetahui nilai repetisi beban
untuk kontrol kerusakan Fatique Cracking, Rutting, dan Permanen Deformation , Hasil
penelitian tersebut di dapat dari tebal perkerasan eksisting dan Redesain menggunakan
metode Manual Perkerasan Jalan (MDPJ) 2024. Pada permodelan elastic eksisting didapat
nilai repetisi beban kontrol kerusakan untuk Fatique Cracking besebar 196.401.361 ESAL
lalu untuk rutting sebesar 32.170.421 ESAL, untuk Permanen deformasi sebesar 9.617.448
ESAL. Pada desain MDPJ 2024 material elastic didapat fatique Cracking besebar
717.635.885 ESAL, lalu untuk rutting sebesar 175.041.459 ESAL, dan untuk Permanen
deformasi sebesar 45.385.632 ESAL.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409130018
Keyword
Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 KENPAVE Elastic Fatique Cracking Rutting Permanen Deformasi