(0721) 8030188    [email protected]   

Evaluasi Perancangan Struktur Tebal Perkerasan Jalan Dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan (Mdpj) 2024 Menggunakan Program KENPAVE (Studi Kasus Jalan Lintas Sumatra, Pematang Panggang, Kec. Mesuji)


Ruas Pematang Panggang merupakan salah satu jalan lintas Sumatera yang berada di Kec Mesuji dan merupakan jalan nasional yang menghubungkan pulau Sumatera dari provinsi lampung sampai provinsi aceh. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) yang berada di Jl. Wolter Monginsidi No. 220 Teluk Betung - Bandar Lampung, dari data yang diperoleh tersebut digunakan untuk menghitung rencana tebal perkerasan yang dihitung menggunakan metode MDPJ 2024, selain itu data yang diperoleh dari BPJN tersebut berupa data tebal perkerasan eksisting yang berada diruas pematang panggang dan kemudian diolah menggunakan KENPAVE untuk dapat dievaluasi dengan permodelan elastic agar mengetahui nilai repetisi beban untuk kontrol kerusakan Fatique Cracking, Rutting, dan Permanen Deformation , Hasil penelitian tersebut di dapat dari tebal perkerasan eksisting dan Redesain menggunakan metode Manual Perkerasan Jalan (MDPJ) 2024. Pada permodelan elastic eksisting didapat nilai repetisi beban kontrol kerusakan untuk Fatique Cracking besebar 196.401.361 ESAL lalu untuk rutting sebesar 32.170.421 ESAL, untuk Permanen deformasi sebesar 9.617.448 ESAL. Pada desain MDPJ 2024 material elastic didapat fatique Cracking besebar 717.635.885 ESAL, lalu untuk rutting sebesar 175.041.459 ESAL, dan untuk Permanen deformasi sebesar 45.385.632 ESAL.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409130018

Keyword
Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 KENPAVE Elastic Fatique Cracking Rutting Permanen Deformasi