(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Pd T – 14 – 2003 Dan Evaluasi Menggunakan Software Kenpave (Studi Kasus: Jalan Lintas Sumatera, Pematang Panggang, Kec. Mesuji)


Jalan lintas timur Sumatera yang melewati Kabupaten Mesuji merupakan jalan nasional yang menghubungkan pulau Sumatera dari provinsi Lampung sampai Provinsi Aceh yang berada di sisi Timur pulau Sumatera. Sebagai jalan nasional, jalan lintas timur Sumatera memiliki volume lalu lintas yang cukup padat, sehingga memungkinkan kerusakan pada perkerasan jalan. Perkerasan jalan yang digunakan pada jalan lintas timur sekarang yaitu jenis perkerasan lentur. Tujuan penelitian ini adalah untuk merencanakan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan acuan dari metode Pd T- 14-2003. Dari hasil perhitungan dengan CBR 6% diperoleh desain perkerasan kaku setebal 25 cm menggunakan bahan pengikat setebal 12,5 cm. Dan pada CBR 2% diperoleh hasil tebal perkerasan sebesar 31 cm dengan CBK 15 cm. Serta digunakan tiebar dengan jenis besi ulir D16-750 mm. Digunakan mutu beton K-350 dan diameter dowel Ø36 mm-300mm dengan panjang 45 cm. Lalu dievaluasi dengan software KENPAVE didapatkan hasil tegangan, lendutan, cracking index dan evaluasi umur rencana. Untuk CBR 6% didapat tegangan maksimum 1549.890 kPa dan 1401.019 kpa. Lendutan maksimum 0.59 mm dan 1.47 mm, dengan index cracking 0,0

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409120053

Keyword
Perkerasan Jalan Kaku KENPAVE Rencana Anggaran Biaya