EVALUASI PERANCANGAN STRUKTUR TEBAL PERKERASAN  JALAN DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN  (MDPJ) 2024 MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE  (Studi Kasus Jalan Lintas Sumatra, Pematang Panggang, Kec. Mesuji) 
		
		
		
			Ruas Pematang Panggang merupakan salah satu jalan lintas Sumatera yang berada di Kec 
Mesuji dan merupakan jalan nasional yang menghubungkan pulau Sumatera dari provinsi 
lampung sampai provinsi aceh. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh 
dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) yang berada di Jl. Wolter Monginsidi No. 220 
Teluk Betung - Bandar Lampung, dari data yang diperoleh tersebut digunakan untuk 
menghitung rencana tebal perkerasan yang dihitung menggunakan metode MDPJ 2024, 
selain itu data yang diperoleh dari BPJN tersebut berupa data  tebal perkerasan eksisting 
yang berada diruas pematang panggang dan kemudian diolah menggunakan KENPAVE 
untuk dapat dievaluasi dengan permodelan elastic agar mengetahui nilai repetisi beban 
untuk kontrol kerusakan Fatique Cracking, Rutting, dan Permanen Deformation , Hasil 
penelitian tersebut di dapat dari tebal perkerasan eksisting dan Redesain menggunakan 
metode Manual Perkerasan Jalan (MDPJ) 2024. Pada permodelan elastic eksisting didapat 
nilai repetisi beban kontrol kerusakan untuk Fatique Cracking besebar 196.401.361 ESAL 
lalu untuk rutting sebesar 32.170.421 ESAL, untuk Permanen deformasi sebesar 9.617.448 
ESAL. Pada desain MDPJ 2024 material elastic didapat fatique Cracking besebar 
717.635.885 ESAL, lalu untuk rutting sebesar 175.041.459 ESAL, dan untuk Permanen 
deformasi sebesar 45.385.632 ESAL.  
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409120031 
			Keyword 
			
Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 KENPAVE Elastic Fatique Cracking Rutting Permanen Deformasi