(0721) 8030188    [email protected]   

Kombinasi Cross Selling dan Customer Spend Analytics pada Perancangan Bundling Produk Berbasis Association Rules dan Customer Segmentation di Carwash Kafe XYZ


Kafe XYZ merupakan carwash kafe di Bandar Lampung yang sedang mengalami stagnasi penjualan karena adanya persaingan bisnis yang kompetitif. Strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ialah dengan melakukan penawaran dan promosi berupa bundling produk untuk meningkatkan volume penjualan pada Kafe XYZ. Kombinasi cross selling dan customer spend analytics digunakan pada penilitian ini untuk merancang bundling produk yang tepat sasaran dan sesuai dengan pola transaksi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan bundling produk berbasis association rules dan customer segmentation melalui pemanfaatan data transaksi konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan teknik data mining untuk mendapatkan association rules melalui algoritma apriori dan customer segmentation melalui algoritma k-means clustering. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan association rules dengan menggunakan algoritma apriori menghasilkan 22 association rules yang dapat digunakan sebagai dasar perancangan bundling produk. Perancangan customer segmentation dengan menggunakan algoritma k-means clustering menghasilkan 3 tipe konsumen, yaitu low spenders, middle spenders, dan high spenders. Integrasi association rules dan customer segmentation dapat menghasilkan 2 bundling produk untuk low spenders, 8 bundling produk untuk middle spenders, dan 3 bundling produk untuk high spenders.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409110063

Keyword
Cross Selling Customer Spend Analytics Bundling Produk Association Rules Customer Segmentation K-means Clustering Algoritma Apriori