Evaluasi Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Dengan Metode Time Headway Pada Ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar
Ekivalensi mobil penumpang (emp) merupakan faktor konversi jenis kendaraan dianggap sebagai mobil penumpang, nilai emp digunakan dalam analisis perhitungan kinerja lalu lintas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai emp pada ruas jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar kemudian membandingkannya dengan emp PKJI 2023 serta menganalisis kinerja lalu lintas berdasarkan nilai emp lapangan serta emp PKJI 2023. Analisis nilai emp dilakukan dengan menggunakan metode time headway pasangan tiap jenis kendaraan yang dikemukakan oleh R.J. Salter. Pada kondisi arus mudik dan arus normal didapatkan nilai emp kendaraan sedang arah A sebesar 1,4 dan 1,7, sementara arah B sebesar 1,5 dan 1,8. Untuk jenis kendaraan bus besar arah A sebesar 1,7 dan 2 sementara arah B sebesar 1,7 dan 1,9. Jenis kendaraan truk berat, arah A sebesar 1,9 dan 2,7 sementara arah B sebesar 2 dan 2,7. Perbandingan dilakukan dengan pengujian Uji T antara emp hasil penelitian terhadap emp PKJI 2023, didapatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai emp kendaraan sedang, bus besar dan truk berat hasil penelitian terhadap emp PKJI 2023. Perbedaan nilai emp terjadi karena perbedaan kondisi lapangan, volume lalu lintas, karakteristik jalan dan dimensi kendaraan pada kondisi saat ini. Hasil analisis kinerja lalu lintas yang dianalisis menggunakan emp hasil penelitian dan emp PKJI 2023 menunjukkan bahwa kinerja jalan pada ruas jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar masih cukup baik dengan nilai derajat kejenuhan tertinggi 0,2, dengan kecepatan tempuh 83 km/jam dan waktu tempuh tertinggi 1 jam 42 menit.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409100075
Keyword
emp PKJI time headway kinerja ruas jalan