(0721) 8030188    [email protected]   

Kajian Pelayanan Integrasi Antarmoda Berdasarkan Persepsi Pengguna pada Kawasan Blok M


Transportasi adalah kegiatan umum, terutama transportasi umum, dan integrasinya sangat penting untuk efektivitasnya. Dalam pengembangan transportasi umum, kondisi fisik yang baik diperlukan, salah satunya moda transportasi aktif seperti berjalan kaki. Pengembangan integrasi fisik, integrasi waktu, integrasi pembayaran, integrasi jangkauan, dan integrasi informasi sangat penting dalam integrasi antarmoda. Hal ini akan memberikan integrasi antarmoda yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji kondisi fasilitas dan kepuasan pengguna terhadap integrasi antarmoda Transjakarta dengan MRT pada kawasan Blok M. Metode analisis kualitatif dan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini dihubungkan. Menurut hasil observasi bahwa kondisi fisik yang terdapat untuk integrasi antarmoda di Kawasan Blok M masih perlu adanya peningkatan. Dimana belum tersedianya jalur penghubung langsung antara Stasiun MRT dengan Terminal Blok M khususnya Transjakarta. Kemudian berdasarkan hasil kuesioner juga ditemukan bahwa tingkat kepuasan pengguna sebesar 80,94% masuk kedalam kategori memuaskan. Tingkat kepuasan ini dilihat berdasarkan kualitas pelayanan seperti Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi fisik integrasi antarmoda ini masih perlu adanya peningkatan. Hal ini dapat menciptakan integrasi fisik yang baik untuk integrasi antarmoda. Selain itu juga perlu adanya peningkatan-peningkatan pelayanan yang ada. Dengan itu dapat menciptakan integrasi fisik, informasi, penjadwalan, jangkauan, serta pembayaran yang baik dalam integrasi antarmoda di Kawasan Blok M.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409100044

Keyword
Integrasi Antarmoda Kualitas Pelayanan Transportasi Umum Integration of Intermodal Service Quality Public Transportation