(0721) 8030188    [email protected]   

Kajian Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Metode Time Headway dan Metode Regresi Linear Berganda (Studi KasusRuas Jl. Urip Sumoharjo)


Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) merupakan nilai konversi berbagai jenis kendaraan yang disetarakan dengan kendaraan penumpang. Adapun penelitian dilakukan untuk membandingkan nilai EMP ketetapan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dengan nilai EMP di lapangan. Metode Time Headway dan metode Regresi Linear Berganda merupakan metode yang cocok digunakan untuk perhitungan nilai EMP dengan kondisi lalu-lintas heterogen. Perhitungan EMP metode Time Headway untuk kendaraan Sepeda Motor (SM) sebesar 0,31 dan Kendaraan Sedang (KS) sebesar 1,12. Sedangkan metode Regresi Linear Berganda diperoleh nilai EMP kendaraan Sepeda Motor (SM) sebesar 0,45 dan Kendaraan Sedang (KS) sebesar 1,07. Nilai EMP hasil perhitungan kedua metode untuk kendaraan bermotor (MC) memiliki nilai yang lebih besar dari ketetapan PKJI 2023 yang semula 0,25. Sedangkan untuk Kendaraan Sedang (KS) memiliki nilai EMP lebih kecil dari ketetapan PKJI 2023 yang semula 1,2. Peningkatan serta penurunan nilai EMP dipengaruhi oleh Proporsi kendaraan pada ruas Jalan Urip Sumoharjo. Nilai Derajat Kejenuhan (DJ) untuk PKJI 2023 sebesar 0,36 dengan kecepatan tempuh sebesar 39,5 km/jam. Untuk metode Time headway diperoleh nilai DJ sebesar 0,40 dan kecepatan tempuh sebesar 39 km/jam. Untuk metode Regresi Linear Berganda diperoleh nilai DJ sebesar 0,50 dengan kecepatan tempuh sebesar 38 km/jam. Sedangkan kecepatan tempuh di lapangan sebesar 35 km/jam, keadaan tersebut terjadi pada saat volume kendaraan berada pada jam puncak, sehingga berakibat pada penurunan kecepatan. Kata kunci: EMP, metode Time headway, metode Regresi Linear Berganda, kinerja ruas jalan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409100020

Keyword
EMP metode Time headway metode Regresi Linear Berganda kinerja ruas jalan