(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Kinerja Ruas Jalan Pangeran Antasari Bandar Lampung Melalui Pengaturan U-Turn Menggunakan Mikrosimulasi Lalu Lintas


Ruas Jalan Pangeran Antasari Bandar Lampung merupakan jalan perkotaan dengan tingkat aktivitas sosial yang padat, karena di sepanjang ruas jalan merupakan kawasan komersil, selain itu adanya fasilitas U-Turn membuat ruas jalan tersebut sering kali mengalami kemacetan pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas Jalan Pangeran Antasari, mencari skenario perbaikan menggunakan software PTV VISSIM, dan mengestimasi emisi kendaraan bermotor. Setelah membuat permodelan menggunakan VISSIM, hasil keluaran volume dan kecepatan kendaraan dilakukan pengujian akurasi data dengan metode Uji-T berpasangan. Jam puncak pada kondisi eksisting terjadi pada pukul 16.30-17.30 WIB dengan kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 20,83 km/jam, rata-rata panjang antrian sebesar 165,85 meter, rata-rata waktu tundaan selama 11,31 detik, serta membutuhkan bahan bakar sebesar 9,65 liter/100smp-km di ruas Barat-Timur. Kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 25,88 km/jam, rata-rata panjang antrian sebesar 62,61 meter, rata-rata waktu tundaan selama 14,06 detik, serta membutuhkan bahan bakar sebesar 8,51 liter/100smp-km di ruas Timur-Barat. Terdapat 3 skenario perbaikan yang dilakukan yaitu, pertama menutup semua U-Turn, kedua merelokasi U-Turn Barat sejauh 50m ke Barat dan U-Turn Timur sejauh 80m ke Timur dan ketiga merelokasi U-Turn sejauh 70m ke Timur. Skenario yang diterapkan yaitu skenario 2 dengan peningkatan kecepatan kendaraan sebesar 0,73%, penurunan panjang antrian sebesar 9,65

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409060007

Keyword
Kinerja ruas jalan VISSIM Uji T Perbaikan Emisi Kendaraan