(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Produktivitas Unit Alat Angkut PIT Berrylt PT Indonesia Batu Prima Energi


Jalan tambang memiliki peran penting dalam menghubungkan berbagai lokasi di area penambangan, seperti front penambangan, disposal, dan stockpile. Menurut Mirza (2019), kondisi jalan yang tidak optimal dapat mengganggu efisiensi operasional dan mengurangi produktivitas alat berat, terutama dump truck, karena meningkatnya cycle time. Penelitian ini dilakukan di PIT BERRYL, Wilayah Izin Usaha Penambangan (WIUP) Indonesia Batu Prima Energi, yang menunjukkan kondisi jalan berlumpur dan tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis produktivitas dump truck berdasarkan kondisi geometri jalan aktual serta mengoptimalkan produktivitas melalui perbaikan geometri jalan. Jenis metode penelitian dari penelitian tugas akhir ini adalah applied research yang melibatkan analisis permukaan jalan, produktivitas dump truck sebelum perbaikan, dan rimpull dump truck. Hasil analisis menunjukkan bahwa segmen 6 tidak dapat diperlebar, menyebabkan waktu delay sebesar 14,97 detik. Superelevasi pada tikungan 1 dan 4 diubah berdasarkan kecepatan optimal dan jari-jari tikungan yang ditetapkan. Crossfall dioptimalkan menjadi 2% untuk mencegah genangan air. Optimalisasi geometri jalan mengurangi rolling resistance menjadi 8%, meningkatkan kecepatan dump truck dan mengurangi cycle time dari 11,98 menit menjadi 8,13 menit. Produktivitas dump truck meningkat dari 45,07 BCM/jam menjadi 66,41 BCM/jam. Penelitian ini menunjukkan bahwa perbaikan kondisi geometri jalan dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas alat angkut dalam operasi pertambangan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408280048

Keyword
Geometri Jalan Optimalisasi Produktivitas Rolling Resistance Superelevasi