Penentuan Pusat Graf Representasi Waktu Tempuh Antarhalte pada Jaringan BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta berdasarkan Nilai Sentralitas Keantaraan dan Sentralitas Kedekatan
Transjakarta merupakan sebuah sistem BRT (Bus Rapid Transit) yang dirancang untuk mengatasi kemacetan dan mendukung mobilitas kota Jakarta dengan menyediakan layanan transportasi yang efisien dan terintegrasi. Namun, terdapat tantangan ketika menangani jumlah penumpang yang besar pada jam sibuk, sehingga PT Transportasi Jakarta terus berupaya dalam mengembangkan halte Transjkarta. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menentukan pusat halte pada graf representasi waktu tempuh antarhalte pada jaringan BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta guna meningkatkan efisiensi dan aksesbilitas dalam layanan halte Transjakarta. Peta jaringan BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta direpresentasikan dalam bentuk graf, kemudian dianalisis dengan menghitung nilai sentralitas keantaraan dan sentralitas kedekatan menggunakan algoritma Dijkstra untuk mencari rute terdekat dengan waktu yang tersingkat. Data yang digunakan adalah data 38 halte Transjakarta yang terdiri dari halte awal dan tujuan di tiap koridor serta halte transit yang menjadi perpotongan antarkoridor tanpa menggunakan halte yang terdapat pada koridor-3 dan koridor-13. Hasil Tugas Akhir menunjukan bahwa halte Senen dan halte Matraman memiliki nilai sentralitas tertinggi serta halte Semanggi dan halte Harmoni memiliki jumlah penumpang terbanyak pada tahun 2023. Halte-halte tersebut dapat direkomendasikan untuk lebih dikembangkan baik dari segi kapasitas, fasilitas dan infrastruktur pada jaringan BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408270095
Keyword
BRT (Bus Rapid Transit) Graf Sentralitas Keantaraan Sentralitas Kedekatan Transjakarta