Hubungan Antara Karakteristik Pengguna Dan Karakteristik Perjalanan Moda Transportasi Publik Krl Commuterline Jabodetabek
Krl commuterline merupakan transportasi berbasis rel dengan pengguna terbanyak di kawasan jabodetabek, sehingga pelayanannya harus sesuai dengan karakteristik dari pengguna maupun karakteristik perjalanan. Hal ini perlu diperhatikan agar fungsi dari krl commuterline dapat dimaksimalkan serta sesuai dengan arah pengembangan dari pemerintah, yang selanjutnya akan muncul hasil “apakah perencanaan krl commuterline sudah sesuai dengan karakteristik pengguna maupun karakteristik perjalanan”, setelah itu akan diberikan rekomendasi bagi pemerintah maupun PT. KAI Commuter selaku penanggung jawab terkait pengembangan KRL Commuterline Jabodetabek sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk perencanaan selanjutnya. Maka dari itu, penelitian ini memiliki beberapa tujuan penelitian yaitu (1). Mengidentifikasi Karakteristik Pengguna KRL Commuterline Jabodetabek, (2). Mengidentifikasi Karakteristik perjalanan KRL Commuterline Jabodetabek (3). Menganalisis Hubungan Karakteristik Pengguna dengan Karakteristik Perjalanan KRL Commuterline. Pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, rentang kepercayaan, tabulasi silang. Dari hasil penelitian dilihat bahwa karakteristik pengguna dan karakteristik perjalanan KRL Commuterline bahwa hampir keseluruhan data yang didapatkan sesuai dengan teori yang disampaikan oleh ahli sesuai dengan data yang didapatkan dari lapangan. Sehingga muncul beberapa rekomendasi perencanaan seperti, sosialisasi mengenai layanan aduan KRL Commuteline kepada penumpang khususnya kaum perempuan agar pelayanan yang diberikan bisa lebih maksimal dan bisa meningkatkan jumlah pengguna khususnya kaum perempuan, Menyediakan feeder transportasi yang lebih layak dan nyaman bagi para pengguna. Transportasi feeder ini bisa digunakan sebagai langkah “jemput bola” bagi pemerintah khususya pada kawasan yang sulit dijangkau oleh kereta api, dan penyesuaian frekuensi keberangkatan dan kedangan kereta sesuai dengan jam-jam yang ramai pengguna agar waktu tunggu tidak menjadi lebih lama.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408260049
Keyword
Karakteristik Pengguna Krl Commuterline Karakteristik Perjalanan Analisis Rentang Kepercayaan Analisis Tabulasi Silang