ANALISIS PENGARUH GEOMETRI JALAN TERHADAP PRODUKTIVITAS UNIT ALAT ANGKUT PIT BERRYL PT INDONESIA BATU PRIMA ENERGI
		
		
		
			Jalan tambang memiliki peran penting dalam menghubungkan berbagai lokasi di 
area penambangan, seperti front penambangan, disposal, dan stockpile. Menurut 
Mirza (2019), kondisi jalan yang tidak optimal dapat mengganggu efisiensi 
operasional dan mengurangi produktivitas alat berat, terutama dump truck, karena 
meningkatnya cycle time. Penelitian ini dilakukan di PIT BERRYL, Wilayah Izin 
Usaha Penambangan (WIUP) Indonesia Batu Prima Energi, yang menunjukkan 
kondisi jalan berlumpur dan tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah 
menganalisis produktivitas dump truck berdasarkan kondisi geometri jalan aktual 
serta mengoptimalkan produktivitas melalui perbaikan geometri jalan. Jenis metode 
penelitian dari penelitian tugas akhir ini adalah applied research yang melibatkan 
analisis permukaan jalan, produktivitas dump truck sebelum perbaikan, dan rimpull 
dump truck. Hasil analisis menunjukkan bahwa segmen 6 tidak dapat diperlebar, 
menyebabkan waktu delay sebesar 14,97 detik. Superelevasi pada tikungan 1 dan 4 
diubah berdasarkan kecepatan optimal dan jari-jari tikungan yang ditetapkan. 
Crossfall dioptimalkan menjadi 2% untuk mencegah genangan air. Optimalisasi 
geometri jalan mengurangi rolling resistance menjadi 8%, meningkatkan kecepatan 
dump truck dan mengurangi cycle time dari 11,98 menit menjadi 8,13 menit. 
Produktivitas dump truck meningkat dari 45,07 BCM/jam menjadi 66,41 
BCM/jam. Penelitian ini menunjukkan bahwa perbaikan kondisi geometri jalan 
dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas alat angkut dalam operasi 
pertambangan. 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408260037 
			Keyword 
			
Geometri Jalan Optimalisasi Produktivitas Rolling Resistance Waktu Siklus