EVALUASI ENGINEERING DESIGN JALAN HAULING TAMBANG BERDASARKAN HIERARKI PENGENDALIAN RISIKO DI PT LANGGENG DAYA AGRINDO
Tahapan pertambangan khususnya pada kegiatan hauling mencakup skala pekerjaan yang sangat berisiko tinggi, kemungkinan timbulnya insiden kerja juga semakin besar. Setiap kegiatan penambangan memerlukan jalan angkut sebagai fasilitas infrastruktur yang krusial. Pada kegiatan pengangkutan batubara dan overburden di PT Langgeng Daya Agrindo, masih ditemukan incident dan accident berdasarkan data dari berita acara kecelakaan kerja, didapatkan 14 kecelakaan kerja selama rentang waktu 1 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dokumen HIRARC. Risk Control yang terapkan berupa control engineering dan pengendalian secara administrative guna mengurangi risiko kecelakaan kerja pada area jalan hauling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, data primer dan data sekunder. Proses identifikasi dilakukan dengan observasi dan diskusi dengan operator, pengawas dan Health, Safety, and Environment (HSE) officer di PT LDA dengan mentabulasikan hasil identifikasi kedalam tabel HIRA. Jenis risiko dianalisis dengan menggunakan matriks AS/NZS 4360 untuk mengentahui Tingkat risiko yang dapat terjadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 12 potensi bahaya dimana berdasarkan hasil penilaian risiko, dari 12 potensi bahaya terdapat 1 jenis risiko katagori priority 3, 3 jenis risiko katagori substansial, 1 jenis risiko katagori priority 1 dan 7 jenis risiko katagori very high. Pada risiko katagori very high disebabkan oleh adanya potensi bahaya berupa operator mengalami fatigue, kurangnya pengetahuan dan ketidakpatuhan operator mengenai SOP pada kegiatan hauling, emisi gas buangan yang tidak memenuhi standar bakumutu, maintenance unit yang tidak dilakukan secara berkala, serta geometri jalan yang kurang memenuhi standar. Sehingga, perlu dilakukannya beberapa upaya pengendalian risiko berdasarkan control engineering dan administrative yaitu berupa redesain geometri jalan hauling tambang dengan jarak ± 4.3 km, pembuatan SOP kegiatan pada area hauling dan perancangan rambu jalan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408230007
Keyword
Evaluasi Geometri Haul Road HIRARC Manajemen risiko