EVALUASI ENGINEERING DESIGN JALAN HAULING TAMBANG BERDASARKAN HIERARKI PENGENDALIAN RISIKO DI PT LANGGENG DAYA AGRINDO
Tahapan pertambangan khususnya pada kegiatan hauling mencakup skala
pekerjaan yang sangat berisiko tinggi, kemungkinan timbulnya insiden kerja juga
semakin besar. Setiap kegiatan penambangan memerlukan jalan angkut sebagai
fasilitas infrastruktur yang krusial. Pada kegiatan pengangkutan batubara dan
overburden di PT Langgeng Daya Agrindo, masih ditemukan incident dan accident
berdasarkan data dari berita acara kecelakaan kerja, didapatkan 14 kecelakaan kerja
selama rentang waktu 1 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dokumen
HIRARC. Risk Control yang terapkan berupa control engineering dan pengendalian
secara administrative guna mengurangi risiko kecelakaan kerja pada area jalan
hauling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi
pustaka, observasi, data primer dan data sekunder. Proses identifikasi dilakukan
dengan observasi dan diskusi dengan operator, pengawas dan Health, Safety, and
Environment (HSE) officer di PT LDA dengan mentabulasikan hasil identifikasi
kedalam tabel HIRA. Jenis risiko dianalisis dengan menggunakan matriks AS/NZS
4360 untuk mengentahui Tingkat risiko yang dapat terjadi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat 12 potensi bahaya dimana berdasarkan hasil penilaian
risiko, dari 12 potensi bahaya terdapat 1 jenis risiko katagori priority 3, 3 jenis
risiko katagori substansial, 1 jenis risiko katagori priority 1 dan 7 jenis risiko
katagori very high. Pada risiko katagori very high disebabkan oleh adanya potensi
bahaya berupa operator mengalami fatigue, kurangnya pengetahuan dan
ketidakpatuhan operator mengenai SOP pada kegiatan hauling, emisi gas buangan
yang tidak memenuhi standar bakumutu, maintenance unit yang tidak dilakukan
secara berkala, serta geometri jalan yang kurang memenuhi standar. Sehingga, perlu
dilakukannya beberapa upaya pengendalian risiko berdasarkan control engineering
dan administrative yaitu berupa redesain geometri jalan hauling tambang dengan
jarak ± 4.3 km, pembuatan SOP kegiatan pada area hauling dan perancangan rambu
jalan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408230005
Keyword
Evaluasi, Geometri, Haul Road, HIRARC, Manajemen r