(0721) 8030188    [email protected]   

Evaluasi Usability Pada Aplikasi Access by KAI Menggunakan Metode Retrospective Think Aloud (RTA) dan USE Questionnaire


Access by KAI merupakan aplikasi pemesanan tiket kereta api yang dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia. Hasil ulasan pengguna dan rating yang rendah pada Google Play Store menunjukkan adanya beberapa permasalahan usability dalam penggunaan aplikasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini akan melakukan evaluasi usability pada aplikasi Access by KAI menggunakan metode usability testing dengan teknik Retrospective Think Aloud (RTA) dan Usefulness, Satisfaction, dan Ease of Use (USE) Questionnaire. Indikator usability yang diukur dalam penelitian ini adalah effectiveness, learnability, error, efficiency, usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction. Penelitian dilakukan dengan evaluasi usability pada aplikasi Access by KAI eksisting, perancangan rekomendasi perbaikan, dan evaluasi usability rekomendasi perbaikan. Usability testing dan pengisian USE Questionnaire dilakukan terhadap 40 user yang terbagi menjadi 20 user novice dan 20 user expert. Hasil RTA menunjukkan terdapat 6 permasalahan usability pada aplikasi Access by KAI. Hasil rata-rata skor USE Questionnaire pada user novice sebesar 4,51 sedangkan user expert sebesar 5,43 dengan persentase kelayakan 70,88%. Perancangan rekomendasi perbaikan dilakukan pada halaman login, halaman beranda, halaman pencarian tiket, dan halaman pembayaran aplikasi Access by KAI berdasarkan hasil evaluasi usability dan mengacu pada prinsip the eight golden rules of interface design. Hasil evaluasi usability pada rekomendasi perbaikan memperoleh peningkatan hasil pada setiap indikator usability, sehingga rekomendasi perbaikan yang diberikan dapat meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi Access by KAI.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408210031

Keyword
usability USE Questionnaire Retrospective Think Aloud