(0721) 8030188    [email protected]   

STUDI KARAKTERISTIK PENGGUNA DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI PUBLIK STUDI KASUS: TRANSJAKARTA


View/Open

Author

Advisor

Koleksi
Student Dissertations and Theses

Publisher


ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada pentingnya transportasi publik dalam mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi di Jakarta, serta kebutuhan untuk memahami tingkat kepuasan pengguna guna meningkatkan kualitas layanan. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana karakteristik pengguna Transjakarta dan sejauh mana tingkat kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna Transjakarta, mengukur tingkat kepuasan pengguna, serta memberikan rekomendasi perbaikan layanan berdasarkan temuan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis Cluster untuk menegtahu klasifikasi karateristik pengguna. Lalu di identifikasi tingkat kepuasan transportasi publik transjakarta menggunakan analisis IKM. Hasil IKM keseluruhan tingkat kepuasan transjakarta mendapatkan nilai mutu B yang dapet diartikan Baik. Hasil IKM Cluster 1-5 intensitas sering mendapatkan hasil nilai mutu B atau Baik. Sedangkan hasil IKM Cluster Instensitas sesekali memiliki hasil yang berbeda, Cluster 1 dan 3 memiliki nilai mutu B dan Cluster 2,4,dan 5 memiliki nilai C. Peneltian ini dapat diimplikasikan ke perencanaan transportasi untuk memformulasikan atau mereancang kebijakan yang tepat untuk menggunakan transportasi publik transjakarta berdasarkan karakteristik pengguna dan tingkat kepuasan pengguna. Kata Kunci: Transportasi Publik, Tranjakarta, Tingkat kepuasan, Analisis Cluster, Analisis IKM

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408150026

Keyword