(0721) 8030188    [email protected]   

Identifikasi Situasi Berisiko pada Pengendara Sepeda Motor Menggunakan Metode Naturalistic Driving Study (NDS) di Institut Teknologi Sumatera


Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi situasi berisiko dan faktor-faktor yang memengaruhi timbulnya situasi berisiko pada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera yang mengendarai sepeda motor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Naturalistic Driving Study (NDS) dan Motorcycle Riding Behavior Questionnaire (MRBQ) dengan pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif yang mengendarai sepeda motor dengan sampel penelitian sebanyak 10 orang pada metode NDS dan 130 orang pada metode MRBQ. Pengumpulan data pada metode NDS dilakukan dengan pengambilan video menggunakan instrument kamera dan pada metode MRBQ data dikumpulkan melalui kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan secara online. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat delapan skenario situasi berisiko dan seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap perilaku berisiko pengendara. Rekomendasi strategi mitigasi situasi berisiko yang diberikan antara lain adalah penggunaan alat pelindung diri sesuai ketentuan dan penggunaan lampu sein serta kaca spion sesuai standar.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408130012

Keyword
perilaku berisiko pengendara sepeda motor studi naturalistik