PENGGUNAAN GLISERIN HASIL PRODUK SAMPING BIODIESEL DALAM PERANCANGAN BIOPLASTIK Penerapan Metode Quality Function Deployment dan Value Engineering
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui voice of customer terhadap produk bioplastik serta menganalisis alternatif dalam perancangan produk bioplastik . Voice of customer diketahui dengan melakukan penyebaran kuesioner terkait dengan keputusan membeli, harga, kesan kualitas, kemudah pakaian, dan dampak lingkungan dan safety dari produk bioplastik. Setelah itu dibuat alternatif yang dengan menekan biaya produksi agar konsumen mendapatkan nilai produk yang sama dengan harga yang lebih rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quality function deployment dan value engineering. Data penelitian didapatkan melalui penyebaran kuesioner google form kemudian diolah menggunakan house of quality. Setelah diketahui voice of customer kemudian dibuat alternatif pilihan perancangan produk bioplastik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh konsumen bioplastik di provinsi Lampung dengan sampel sebanyak 150 orang responden terpilih sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian diperoleh, bahwasannya karakteristik bioplastik yang diinginkan oleh konsumen yaitu memiliki harga yang ekonomis, mudah digunakan, memiliki kualitas seperti; dapat digunakan berulang kali, tahan terhadap benda hangat, tidak mudah sobek, kuat, tahan terhadap air, dan aman bagi lingkungan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan perancangan produk bioplastik sehingga, produk rancangan dapat memenuhi ekspektasi konsumen. Alternatif terpilih pada perancangan bioplastik yaitu menggantikan polivinil alkohol dengan gelatin, Zno, dan asam asetat sebagai bahan baku bioplastik sehingga harga lebih ekonomis dan kualitas yang sama.
Kata kunci: Bioplastik, Quality Function Deployment, Value Engineering.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408120005
Keyword
Bioplastic Quality Function Deployment Value Engineering