(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Kinerja Ruas Jalan Teuku Umar Bandar Lampung Melalui Pengaturan U-Turn Menggunakan Perangkat Lunak Mikrosimulasi Lalu Lintas


Ruas Jalan Teuku Umar Bandar Lampung merupakan jalan perkotaan dengan tingkat aktivitas sosial yang padat, karena merupakan kawasan perdagangan dan jasa (komersil), selain itu adanya fasilitas U-Turn membuat ruas jalan tersebut sering kali mengalami kemacetan pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh U-Turn terhadap kinerja ruas jalan Teuku Umar dan mencari skenario perbaikan menggunakan software PTV VISSIM. Setelah membuat permodelan menggunakan VISSIM, hasil keluaran volume dan kecepatan kendaraan dilakukan pengujian akurasi data dengan metode Uji T berpasangan. Jam puncak pada kondisi eksisting terjadi pada pukul 06.45-07.45 WIB dengan kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 23,32 km/jam dan panjang antrian maksimal 264 meter serta waktu tundaan selama 2,56 detik di ruas Utara-Selatan. Kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 26,06 km/jam dengan panjang antrian maksimal 107 meter dan waktu tundaan selama 4,63 detik di ruas Selatan-Utara. Terdapat 3 skenario perbaikan yang dilakukan yaitu, pertama menutup semua U-Turn, kedua merelokasi U-Turn U-S sejauh 30m ke utara dan U-Turn S-U sejauh 40m ke selatan dan ketiga merelokasi U-Turn U-S sejauh 195m ke utara. Skenario yang digunakan yaitu skenario 3 dengan peningkatan kecepatan kendaraan sebesar 1,24%, penurunan panjang antrian sebesar 76,87

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408070039

Keyword
Kinerja Ruas Jalan VISSIM Uji T U-Turn Perbaikan