Analisis Kinerja Ruas Jalan Teuku Umar Bandar Lampung Melalui Pengaturan U-Turn Menggunakan Perangkat Lunak Mikrosimulasi Lalu Lintas
Ruas Jalan Teuku Umar Bandar Lampung merupakan jalan perkotaan dengan tingkat aktivitas
sosial yang padat, karena merupakan kawasan perdagangan dan jasa (komersil), selain itu
adanya fasilitas U-Turn membuat ruas jalan tersebut sering kali mengalami kemacetan pada
jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh U-Turn terhadap kinerja ruas
jalan Teuku Umar dan mencari skenario perbaikan menggunakan software PTV VISSIM.
Setelah membuat permodelan menggunakan VISSIM, hasil keluaran volume dan kecepatan
kendaraan dilakukan pengujian akurasi data dengan metode Uji T berpasangan. Jam puncak
pada kondisi eksisting terjadi pada pukul 06.45-07.45 WIB dengan kecepatan kendaraan ratarata sebesar 23,32 km/jam dan panjang antrian maksimal 264 meter serta waktu tundaan
selama 2,56 detik di ruas Utara-Selatan. Kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 26,06 km/jam
dengan panjang antrian maksimal 107 meter dan waktu tundaan selama 4,63 detik di ruas
Selatan-Utara. Terdapat 3 skenario perbaikan yang dilakukan yaitu, pertama menutup semua
U-Turn, kedua merelokasi U-Turn U-S sejauh 30m ke utara dan U-Turn S-U sejauh 40m ke
selatan dan ketiga merelokasi U-Turn U-S sejauh 195m ke utara. Skenario yang digunakan
yaitu skenario 3 dengan peningkatan kecepatan kendaraan sebesar 1,24%, penurunan panjang
antrian sebesar 76,87
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408070006
Keyword
Kinerja ruas jalan, VISSIM, Uji T, U-Turn, Perbaik Road section performance, VISSIM, T-test, U-Turn,