(0721) 8030188    [email protected]   

Perbandingan Akurasi Pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency dan N-Gram Menggunakan Metode Naïve Bayes dalam Menganalisis Sentimen Terhadap Aplikasi Investasi Ajaib Berdasarkan Ulasan di Play Store


Investasi online, seperti aplikasi Ajaib, kini mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan karena dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang dapat diandalkan. Seiring kemajuan teknologi, pengembang menciptakan berbagai aplikasi investasi untuk mempermudah proses berinvestasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen ulasan aplikasi Ajaib di Play Store menggunakan metode Naïve Bayes dengan pembobotan TF-IDF dan N-Gram, untuk mengidentifikasi aplikasi yang lebih dapat dipercaya berdasarkan nilai akurasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis sentimen dapat meningkatkan kepercayaan pengguna, menarik lebih banyak orang untuk menggunakan aplikasi, dan memberikan umpan balik yang berguna bagi pengembang. Selain itu, penelitian ini dapat memengaruhi persaingan pasar dan berkontribusi pada perekonomian. Metode yang digunakan terbukti efektif dengan akurasi TF-IDF dengan N-Gram sebesar 77

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408050052

Keyword
Analisis Sentimen Investasi Online Naive Bayes N-Gram Pembobotan TF-IDF