STUDI EKSPERIMEN PERBANDINGAN UJI KEAUSAN KAMPAS REM MOBIL PRODUK OEM (ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTURER) DAN AFTERMARKET
Penelitian keausan ini dilakukan untuk mengetahui tinggi keausan antara dua benda yang saling kontak pada kualitas produk kampas rem jenis cakram (disc brake) antara original dengan Aftermarket. Analisis terhadap keausan dapat dicari menggunakan berbagai metode diantaranya dengan hasil perhitungan secara analitik dan hasil penelitian secara eksperimental. Tribometer ball-on-disc adalah alat untuk mengetahui volume keausan, lebar keausan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 2 jenis kampas rem yaitu tipe OEM (Original Equipment Manufacturer) dan AM (Aftermarket) dengan menggunakan alat uji tribologi ball-on-disk. Variasi yang dilakukan adalah variasi kecepatan sebesar 180, 270, 310 rpm. Dengan menggunakan waktu selama 6 menit, pembebanan konstan sebesar 1,5 kg dan pengujian keausan dilakukan pada keadaan tanpa pelumas. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan memperlihatkan bahwa hasil lebar keausan terkecil terdapat pada kampas rem OEM dengan nilai rata-rata sebesar 1712,9 μm pada kecepatan 180 rpm. Pada hasil volume keausan terendah yaitu pada kampas rem OEM dengan kecepatan putaran 180 rpm yaitu sebesar 6,733 mm3. Dan hasil nilai laju keausan terendah bervariasi, pada kecepatan 180 rpm nilai laju keausan terendah yaitu terdapat pada kampas rem OEM dengan nilai sebesar 5,097×10^(-7)g/mm2.detik. Pada kecepatan 270 rpm nilai laju keausan terendah yaitu terdapat pada kampas rem OEM yaitu sebesar 7,183×10^(-7)g/mm2.detik. Pada kecepatan 310 rpm yang terendah yaitu kampas rem Aftermarket 1 yaitu sebesar 7,89×10^(-7)g/mm2.detik.. Dari hasil perbandingan kampas rem OEM dan Aftermarket, menunjukkan bahwa kampas rem OEM lebih stabil dan tahan lama dalam penggunaannya daripada Aftermarket.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408050048
Keyword
Kampas rem keausan eksperimental OEM Aftermarket Tribometer ball-on-disk