(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Pemasaran Pariwisata Kota Bandar Lampung melalui Pendekatan City Marketing


Kota Bandar Lampung memiliki potensi daya tarik khususnya pada bidang pariwisata seperti wisata budaya, wisata alam, dan wisata buatan. Akan tetapi, dalam proses pengembangannya terdapat permasalahan yang dihadapi yaitu dibidang pemasaran. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, perencanaan pariwisata menjadi penting dilakukan sebagai upaya pembangunan pariwisata Kota Bandar Lampung. Salah satu strategi dalam perencanaan pariwisata yaitu strategi pemasaran melalui pendekatan city marketing untuk mempromosikan citra kota sekaligus membantu dalam mengenalkan potensi pariwisata kepada wisatawan. Pada penelitian kali ini digunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis pemasaran pariwisata Kota Bandar Lampung melalui pendekatan city marketing serta menerapkan best practice dari suatu kota maupun negara yang telah berhasil menerapkan pendekatan city marketing sebagai pembanding untuk Kota Bandar Lampung. Hasilnya menunjukan bahwa Kota Bandar Lampung yang memiliki potensi daya tarik wisata belum sepenuhnya mengimplementasikan pendekatan city marketing. Melalui pendekatan city marketing yang mecakup empat strategi yaitu city branding, penyelenggaraan acara besar, pembangunan proyek unggulan, dan teknik virtual reality diharapkan dapat menjadi alternatif pemasaran pariwisata Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: City Marketing, Daya tarik wisata, Pariwisata, Kota Bandar Lampung

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2407190007

Keyword
City Marketing, Daya tarik wisata, Pariwisata, Kot