(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Struktur Atas Jembatan Kereta Api Rangka Baja Tipe Welded Through Truss (WTT) Terhadap Beban Gempa Dinamik Dengan Metode Nonlinier Time History


Jembatan merupakan salah satu struktur pendukung dari transportasi yang berfungsi sebagai penghubung suatu daratan yang terpisahkan oleh sungai, lembah, jurang dan yang lainnya. Untuk menjamin keamanannya sebuah jembatan harus direncanakan dapat menahan beban gempa ataupun bencana alam yang lainnya. Beban gempa merupakan beban yang diakibatkan oleh adanya pergerakan tanah yang disebabkan oleh gempa bumi. Beban gempa merupakan salah satu beban dinamis karena beban gempa merupakan beban yang bergerak secara periodik pada struktur dalam rentang waktu tertentu. Beban gempa yang besar dapat mengakibatkan suatu struktur berprilaku nonlinier sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui respon dari struktur tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetaui pengaruh dari beban gempa pada struktur atas jembatan BH-537 berdasarkan nilai Dynamic Amplification Factor (DAF) dengan menggunakan metode nonlinier time history. Dynamic Amplification Factor dilakukan dengan membandingkan displacement dan gaya dalam antara analisis statis dan analisis dinamis. Diperoleh nilai DAF pada joint yang terhubung dengan pilar (joint 37) memiliki nilai yang besar yaitu 80,299 sehingga dapat dikatakan bahwa pada joint 37 hasil displacement pada analisis dinamis akibat beban gempa memiliki nilai 80 kali lebih besar dibandingkan dengan analisis statis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2407080006

Keyword
Jembatan, Beban Gempa, Dynamic Amplification Facto