Perancangan Media Kampanye sebagai Sarana Informasi akan Pentingnya Berwirausaha Bagi Generasi Z di Kota Metro
Perancangan media ini bertujuan untuk membantu para generasi muda di Kota Metro
khususnya generasi Z untuk membangun dan menciptakan ide wirausaha dan bisnis. Agar
dapat mendukung perekonomian wilayah Kota Metro, serta meningkatkan minat
berwirausaha dikalangan generasi muda. kurangnya minat berwirausaha pada kalangan
generasi muda Kota Metro dapat menyebabkan rendahnya perkembangan perekonomian
kota dan juga meningkatkan keinginan generasi muda di Kota Metro untuk meninggalkan
Kota demi mencari lowongan pekerjaan yang lebih banyak. Sehingga dibutuhkan gerakan
untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya berwirausaha, dengan begitu dibuatlah
perancangan ini. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking. Subjek uji coba
dalam penelitian ini yaitu Generasi Z (1996-2012) di Kota Metro, Provinsi Lampung
sebagai audiens utama hasil karya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses
wawancara dan observasi langsung. Kedua proses tersebut digunakan sebagai acuan
untuk menilai media yang dikembangkan dan analisis pendukung proses perancangan
kualitatif. Hasil akhir dari perancangan ini berupa media ambient untuk generasi Z di
Kota Metro. Media ini berisi serangkaian kata yang dibuat sedemikian rupa untuk
memicu terciptanya pemikiran generasi muda untuk memulai ide bisnis mereka.
Kata kunci : Wirausaha, bisnis, Generasi Z, Kampanye, Desain Komunikasi Visual
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406200006
Keyword
Wirausaha Bisnis Generasi Z Kampanye Desain Komunikasi Visual