PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATION SUPPORT TERHADAP KOMITMEN DAN KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI: STUDI KASUS PT MNO
Penelitian ini meneliti terkait bagaimana Perceived Organization Support (POS) dapat mempengaruhi kinerja, komitmen dan bahkan kepuasan karyawan. Selain itu, penelitian ini juga meneliti terkait apakah kepuasan karyawan dapat memediasi hubungan antara Perceived Organization Support (POS) terhadap kinerja dan komitmen karyawan. PT MNO ditentukan sebagai objek penelitian yang sesuai dengan isu permasalahan. Data primer dikumpulkan dari 169 responden karyawan PT MNO menggunakan instrumen kuesioner online yang dibagikan dengan bantuan googleform. Metode yang digunakan adalah SEM yang diolah dengan bantuan software Smart-PLS versi 3. Metode ini terdiri dari dua langkah yaitu estimasi model pengukuran dan estimasi model struktural. Hasil dari estimasi model pengukuran menunjukan bahwa seluruh data yang digunakan valid dan reliabel untuk digunakan. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa POS memiliki dampak positif terhadap kinerja maupun komitmen karyawan. Selain itu, hasil estimasi juga menemukan bahwa kepuasan karyawan dapat memediasi hubungan antara POS dengan kinerja dan komitmen karyawan PT MNO. Berdasarkan hasil ini, maka direkomendasikan agar perusahaan memperbaiki dan meningkatkan komitmen secara berkelanjutan terhadap dukungan yang mereka berikan. Tentunya, selain komitmen, PT MNO juga diharapkan mendorong usaha strategis dalam upaya mengoptimalkan kinerja karyawannya demi menciptakan perusahaan yang unggul dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis sehubungan dengan pengetahuan mengenai peran dukungan organisasi terhadap komitmen dan kinerja karyawan. Selain itu, penelitian ini menyumbangkan bukti empiris berkaitan dengan faktor-faktor penentu kinerja dan komitmen karyawan pada perusahaan industri.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406140009
Keyword
Perceived organization support, kinerja karyawan,