PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE SEBAGAI SARANA INFORMASI AKAN PENTINGNYA BERWIRAUSAHA BAGI GENERASI Z DI KOTA METRO
Perancangan media ini bertujuan untuk membantu para generasi muda di Kota Metro khususnya
generasi Z untuk membangun dan menciptakan ide wirausaha dan bisnis. Agar dapat mendukung
perekonomian wilayah Kota Metro, serta meningkatkan minat berwirausaha dikalangan generasi
muda. kurangnya minat berwirausaha pada kalangan generasi muda Kota Metro dapat menyebabkan
rendahnya perkembangan perekonomian kota dan juga meningkatkan keinginan generasi muda di
Kota Metro untuk meninggalkan Kota demi mencari lowongan pekerjaan yang lebih banyak.
Sehingga dibutuhkan gerakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya berwirausaha,
dengan begitu dibuatlah perancangan ini. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking.
Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu Generasi Z (1996-2012) di Kota Metro, Provinsi Lampung
sebagai audiens utama hasil karya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara
dan observasi langsung. Kedua proses tersebut digunakan sebagai acuan untuk menilai media yang
dikembangkan dan analisis pendukung proses perancangan kualitatif. Hasil akhir dari perancangan
ini berupa media ambient untuk generasi Z di Kota Metro. Media ini berisi serangkaian kata yang
dibuat sedemikian rupa untuk memicu terciptanya pemikiran generasi muda untuk memulai ide
bisnis mereka
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406130083
Keyword