(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Rancang Bangun Dashboard Kegiatan dan Perkembangan Bimbingan Belajar Berbasis Website Menggunakan Metode RAD (Studi Kasus : PROSUS INTEN Jakarta)


Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, bidang pendidikan mengalami dampak yang signifikan.dan materi pendidikan kepada peserta didik Di era digital saat ini, penggunaan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran dan bimbingan menjadi semakin penting. Pengolahan data terkhusus data kegiatan dan perkembangan pada bimbingan belajar PROSUS INTEN dilakukan secara manual dengan cara proses pengumpulan melalui pencatatan tertulis oleh sekretaris cabang yang selanjutnya data tersebut dimasukan ke dalam sebuah aplikasi berbasis website yang dimiliki PROSUS INTEN yaitu website latbang PROSUS INTEN. manajer akademik kota, sampai pada akhir proses penyampaian data kepada pimpinan pusat. Dengan demikian dibutuhkan sistem yang memuat rekapitulasi data tersebut khususnya dalam konteks bimbingan belajar, dashboard kinerja dapat memberikan informasi tentang pencapaian siswa, pertumbuhan akademik, dan perkembangan bimbingan belajar kepada berbagai pemangku kepentingan seperti kepala cabang, manajer akademik dan pimpinan pusat PROSUS INTEN. Dari data yang sudah dikelola dan dibentuk menjadi dashboard akan mempermudah bimbingan belajar untuk melakukan monitoring secara cepat sehingga kegiatan evaluasi terhadap perkembangan bimbingan belajar dapat berjalan seiring dengan kebutuhan perusahaan. Pendekatan pengembangan dashboard menggunakan metode Rapid Application Development menjadi relevan. Metode RAD memiliki pendekatan yang terstruktur namun fleksibel dalam pengembangan sistem informasi. Dengan pendekatan ini, proses pengembangan dapat dipercepat, sehingga waktu pengerjaan menjadi lebih efisien tanpa mengorbankan kualitas dan kebutuhan stakeholder. Dengan memperkenalkan dashboard kinerja bimbingan belajar berbasis website dengan metode RAD, diharapkan dapat membawa manfaat signifikan dalam meningkatkan efektivitas, dan transparansi dalam pemantauan kinerja bimbingan belajar di masa depan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406110025

Keyword
Bimbingan Belajar, Pengembangan, Website, Informas