(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Kinerja Motor Diesel Satu Silinder Menggunakan Bahan Bakar Minyak Kelapa Sawit Dengan Aditif Multi Walled Carbon Nanotubes


Kebutuhan bahan bakar semakin meningkat sedangkan sumber energi fosil akan terus berkurang dari waktu ke waktu untuk dimanfaatkan dan tidak dapat diperbarui (unrenewable). Pada dasarnya dibutuhkan terobosan baru berupa energi yang dapat diperbarui (renewable), sebagai solusi untuk menanggulangi permasalahan ini. Biofuel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat diproduksi dari tumbuhan dan hewan. Namun yang sering digunakan sebagai bahan baku biofuel adalah menggunakan minyak nabati. Pada penelitian ini melakukan analisis perbandingan bahan bakar menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan baku utama dalam pembuatan biofuel dan diberikan campuran aditif multi walled carbon nanotubes dari performa unjuk kerja motor diesel, ketahanan dan uji opacity. Hasil penelitian yang telah didapatkan adalah nilai daya efektif generator yang paling tinggi adalah sebesar 5,798 kW, selanjutnya nilai torsi yang paling tinggi menggunakan bahan bakar MNM sebesar 36,898 Nm, selanjutnya nilai konsumsi bahan bakar spesifik yang paling tinggi menggunakan bahan MNA 10 sebesar 0,685 kg/kW.jam, selanjutnya nilai efisiensi thermal tertinggi menggunakan bahan bakar minyak kelapa sawit murni sebesar 40

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406070225

Keyword
Biofuel, minyak kelapa sawit, aditif multi walled