(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Karakteristik Pola Perjalanan Civitas Institut Teknologi Sumatera


Komponen utama yang terdapat dalam sistem transportasi adalah pola pergerakan dengan dipengaruhi adanya kegiatan atau aktivitas salah satunya pendidikan. Institut Teknologi Sumatera adalah salah satu perguruan tinggi negeri baru dengan jumlah civitas akademik yang dapat meningkat setiap tahunnya sehingga dapat mempengaruhi struktur transportasi kota dan regional karena adanya pergerakan oleh civitas akademik. Salah satunya ruas jalan sekitar Institut Teknologi Sumatera yaitu Jalan Terusan Ryacudu dan Jalan Endro Suratmin yang mengalami kepadatan. Dari masalah tersebut, maka penelitian ini didasari karena belum adanya data baru terkait karakteristik pola perjalanan seiring bertambahnya jumlah civitas akademik Institut Teknologi Sumatera setiap tahunnya sehingga tidak dapat memberi masukkan kebijakan transportasi dan menjawab atau menyelesaikan masalah terkait transportasi di sekitar Institut Teknologi Sumatera. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perjalanan civitas Institut Teknologi Sumatera. Fokus penelitian ini adalah karakteristik pola perjalanan yang terdapat dua kelompok yaitu kelompok staf terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan tenaga operasional serta kelompok mahasiswa pada hari kerja dan hari libur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deduktif dan metode kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwa terbagi menjadi dua pada karakteristik perjalanan yaitu hari kerja dan hari libur. Pada hari kerja, rangkaian perjalanan kelompok staf didominasi simple trip chains sedangkan kelompok mahasiswa didominasi complex trip chains dengan membentuk jam sibuk yang berbeda dimana pada kelompok staf pada jam 7:00 – 7:59 WIB dengan tujuan perjalanan didominasi bekerja (work) sedangkan kelompok mahasiswa pada jam 12:00 – 12:59 WIB dengan tujuan perjalanan didominasi edukasi (education) dan pada kedua kelompok didominasi menggunakan kendaraan pribadinya yaitu sepeda motor pribadi. Sedangkan pada hari libur kedua kelompok membentuk rangkaian perjalanan simple trip chains dengan membentuk jam sibuk yang sama yaitu pada 13:00 – 13:59 WIB kedua kelompok didominasi tujuan perjalanan yang sama yaitu tempat tinggal (home) dan kedua kelompok tersebut didominasi menggunakan kendaraan pribadinya yaitu sepeda motor pribadi pada hari libur. Dari perjalanan hari kerja dan hari libur pada kedua kelompok mengeluarkan biaya perjalanan dalam seminggu yang sama yaitu 25 ribu – 50 ribu karena masih menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga data karakteristik tersebut dapat dijadikan sebagai bahan masukkan kebijakan transportasi dan menjawab atau menyelesaikan masalah terkait transportasi di sekitar Institut Teknologi Sumatera.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406060026

Keyword
Transportasi Karakteristik Perjalanan Pola Perjalanan Trip Chains Civitas Akademika Institut Teknologi Sumatera