Desain dan Analisis Fatigue Pada Struktur Offshore Fixed Platform Tipe Empat Kaki di Perairan Laut Natuna
Offshore fixed platform merupakan satu dari berbagai jenis platform yang sangat
cocok dibangun pada wilayah perairan dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam
seperti wilayah Perairan Laut Natuna. Offshore fixed platform yang terdiri dari
serangkaian sambungan tubular khususnya pada bagian jacket, akan menerima
beban gelombang secara berulang atau siklis yang akan mengakibatkan sambungan
terutama pada braces akan mengalami kelelahan atau fatigue. Tugas akhir ini
bertujuan untuk menganalisis kelelahan pada struktur offshore fixed platform yang
berlokasi di Perairan Laut Natuna dengan kedalaman perairannya adalah 309 ft dari
MSL (mean sea level). Pada studi ini penulis melakukan dua analisis yaitu in-place
dan fatigue dengan metode deterministik untuk menganalisis kelelahan dan
mengacu pada standar API RP 2A – LRFD, pada analisis in-place diperoleh nilai
unity check terbesar untuk kondisi operasi yaitu pada member Pile (P1C) dengan
nilai 0.95 dan untuk kondisi badai yaitu pada member Conductor (CO3) dengan
nilai 0.96. Nilai defleksi horizontal maksimum terjadi pada joint H005 sebesar
14.728 in, sedangkan defleksi vertikal maksimum terjadi pada joint C064 sebesar -
3.339 in. Pada analisis fatigue diperoleh service life terkecil yaitu pada joint 303L
dengan nilai 73.40 tahun, nilai service life tersebut terjadi pada joint yang berada
pada area splash zone, dikarenakan masih mendapatkan pengaruh gelombang yang
signifikan. Berdasarkan analisis sensitivitas pemberian gap (jarak) antara brace
dengan brace harus dipertimbangkan, jika gap (jarak) terlalu jauh maka akan
menurunkan nilai service life, dan nilai service life sangat dipengaruhi oleh
ketebalan dari chord pada struktur
Kata kunci: Laut Natuna, Offshore Fixed Platform, Fatigue, Service Life
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406050050
Keyword
Laut Natuna Fatigue Offshore Fixed Platform Service Life