(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Visual Novel untuk Meningkatkan Pemahaman Remaja tentang Hewan Endemik di Sumatera


Perancangan Visual Novel untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang hewan endemik di Sumatera bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang pentingnya konservasi hewan endemik di Sumatera. Metode penelitian kualitatif yang digunakan melalui survei menyoroti kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap hewan endemik Sumatera. Metode perancangan menggunakan metode perancangan Visual Novel. Proses perancangan visual novel terdiri dari proses merumuskan konsep cerita, penggambaran aset grafis, serta pemahaman dasar pembuatan game, dan pengkodean. Hasil perancangan menunjukkan bahwa visual novel menjadi pilihan media yang efektif karena mampu menyediakan ilustrasi dan interaksi sesuai dengan preferensi responden. Diharapkan upaya ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya melestarikan hewan endemik di Sumatera, yang pada gilirannya akan mendukung upaya konservasi dan pelestarian ekosistem Sumatera.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406010044

Keyword
Perburuan Liar Hewan Endemik Sumatera Visual Novel