Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat untuk Mengurangi Besarnya Tingkat Pernikahan Usia Dini di Lampung
Tingkat pernikahan usia dini di Lampung terus meningkat dari tahun 2022 sampai
2023 terdapat perubahan dalam persentase perempuan yang pernah kawin berumur
10 tahun ke atas, dengan mempertimbangkan usia perkawinan pertama. Pada 2022,
sebanyak 33,28% perempuan yang pernah kawin mengalami perkawinan pertama
di bawah usia 19 tahun, sementara pada 2023, angka tersebut sedikit meningkat
menjadi 33,74%. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah iklan
layanan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat
Lampung tentang besarnya masalah pernikahan usia dini serta dampak negatif yang
ditimbulkan. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, observasi,
dan wawancara dengan para ahli dan masyarakat setempat. Hasil dari penelitian ini
adalah membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan menggunakan
pendekatan emosional dan informatif untuk menyampaikan pesan tentang
bahayanya pernikahan usia dini. Iklan ini memiliki potensi untuk memengaruhi cara
masyarakat Lampung melihat pernikahan usia dini dan mendorong mereka untuk
mengambil tindakan yang lebih cerdas terkait masalah ini. Kesimpulan dari
penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan komunikasi yang efektif,
iklan layanan masyarakat dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatasi masalah
pernikahan usia dini di Lampung.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405310052
Keyword
Pernikahan usia dini; Iklan layanan masyarakat; Ke Early marriage; Public service announcement; Publi