(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Kartu Bilangan Berbasis Pop Up sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Tunagrahita Kelas 1 (satu) di SDLB Negeri PKK Provinsi Lampung


Media pembelajaran selalu dibutuhkan dan digunakan oleh setiap instansi pendidikan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kemampuan dasar. Namun, di SDLB Negeri PKK Provinsi Lampung media pembelajaran untuk anak tunagrahita kelas 1-C masih terbatas, belum ada media pembelajaran yang menarik untuk pelajaran matematika. Sedangkan tunagrahita merupakan anak berkebutuhan khusus yang memiliki disabilitas intelektual dimana belum dapat menguasai kemampuan dasar mengenal bilangan. Oleh karena itu, dirancang sebuah media kartu bilangan menggunakan teknik pop-up yang bertujuan untuk merancang media yang efektif agar dapat mendukung proses pembelajaran matematika. Adapun batasan lingkup perancangan kartu bilangan ini ditujukan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dengan klasifikasi tunagrahita ringan kelas 1 SLB dengan materi bilangan 1-10 berdasarkan panduan kurikulum matematika kelas 1 tingkat SLB. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang diambil dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Konsep perancangan menggunakan metode desain grafis 5 steps of design oleh Robin Landa. Hasil dari kegiatan perancangan ini menghasilkan media utama berupa kartu bilangan berbasis pop-up 1-10 dengan hasil uji coba yang efektif sebagai media untuk mendukung proses pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita, dan media pendukung yang berupa packaging kartu, poster bilangan, buku latihan menulis angka, buku mewarnai angka dan sticker pack. Kata Kunci: Tunagrahita, Bilangan Matematika, Kartu Pop Up

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405290063

Keyword
Tunagrahita Bilangan Matematika Kartu Pop Up