(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERBANDINGAN ALGORITMA CANONICAL A* DAN A* UNTUK PATHFINDING PADA VIDEO GAME MAZE TOP DOWN GRID 2D MENGGUNAKAN UNITY


Perkembangan teknologi mempengaruhi kehidupan manusia di segala bidang termasuk Video Game. Salah satu unsur dalam Video Game adalah Pathfinding. Pathfinding adalah pencarian jalur terdekat antara dua titik. Unsur ini perlu memiliki tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan sumber daya yang kecil. Oleh karena itu pada penelitian kali ini penulis akan membandingkan dua algoritma pathfinding yaitu Canonical A* (A Star) dan A* (A Star). Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil yang didapat setelah melakukan percobaan dengan berbagai macam skenario yang berbeda seperti perbedaan ukuran dan tingkat kekompleksan map adalah algoritma Canonical A* (CA*) memiliki rata-rata jumlah open list sebesar 1.979.069 sedangkan algoritma A* sebesar 4.934.091 selain itu jumlah rata-rata closed list pada algoritma CA* adalah 97.458 sedangkan algoritma A* memiliki jumlah 165.777 node closed list. Selain jumlah open list dan closed list rata-rata FPS (Frame per Second) dari kedua algoritma juga berbeda dimana algoritma CA* memiliki rata-rata FPS sebesar 124 sedangkan A* memiliki rata-rata FPS sebesar 115. Hal ini menunjukan bahwa performa dari algoritma CA* lebih baik dibandingkan dengan algoritma A* dikarenakan memiliki jumlah node open list dan closed list yang lebih kecil dan juga memiliki FPS yang lebih besar. Dapat disimpulkan bahwa algoritma Pathfinding Canonical A* lebih baik dibandingkan dengan algoritma A* pada map universal cost grid 2D atau map yang berbentuk sekumpulan kotak yang memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama. Parameter yang digunakan untuk mengukur efisiensi dari algoritma pathfinding pada penelitian ini adalah Open List, Closed List, FPS (Frame per Second). Agar dapat membuktikan kelebihan algoritma CA* dibandingkan dengan A* secara lebih lanjut penelitian selanjutnya dapat menambahkan parameter pengujian seperti memory/RAM yang digunakan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405290057

Keyword
Pathfinding, Canonical A*, CA*, A*, A Star, Unity,