(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan branding galeri tapis negeri katon sebagai pusat kerajinan tapis lampung


Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki nilai budaya yang menjadi ciri khas daerah masing-masing daerah. Hal ini salah satunya terdapat pada seni kerajinan tenunnya. Untuk itu sangat wajar apabila Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki seni tenun tradisional terbesar. Sebagaimana daerah penghasil tenun di Indonesia,daerah Lampung juga memiliki kerajinan kain tenun tradisional yang indah, salah satu jenis kain tenun yang memiliki nilai estesis dan religi yang tinggi adalah Kain Tapis. Kain Tapis merupakan salah satu benda budaya karya masyarakat Lampung pada masa lampau yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti acara besar, upacara adat dan baik itu fisik maupun spiritual. Banyak tempat pengerajin kain tenun Tapis ini salah satunya desa Negeri Katon, desa yang sampai saat ini masih aktif memproduksi kerajinan kain tenun Tapis ini dari 1980. Meskipun demikian, kerajinan Kain Tapis Negeri Katon ini tidak dapat berperan secara maksimal dalam mewujudkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya melestarikan kerajinan budaya daerah di era globalisasi ini. Strategi Branding diperlukan dalam meningkatkan brand image dan awareness masyrakat terhadap suatu brand. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi branding yang dimiliki oleh Galeri Tapis Negeri Katon dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, serta landasan teori sebagai acuan, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kata kunci: Kain Tapis, Strategi Branding, Visual Identity, Brand Identity

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405280064

Keyword
Kata kunci: Kain Tapis, Strategi Branding, Visual