(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

MANAJEMEN HAMBATAN SAMPING JALAN NASIONAL Ir. SOEKARNO - HATTA (RUAS PASAR NATAR)


Kemacetan adalah suatu situasi dimana jumlah kendaraan yang hampir atau melebihi kapasitas jalan yang ada. Kemacetan bisa terjadi karena beberapa faktor seperti gangguan dari segi sosial contohnya terdapat pesta yang menggunakan badan jalan atau gangguan ekonomi seperti kegiatan pasar. Jalan Ir Soekarno – Hatta (Ruas Pasar Natar) merupakan salah satu jalan Nasional yang melewati pasar tradisional. Hal tersebut seringkali menimbulkan hambatan samping yang menyebabkan kemacetan pada saat jam jam puncak lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kinerja lalu lintas akibat adanya hambatan samping serta menentukan solusi penanganan hambatan samping guna meningkatkan kinerja lalu lintas. Penelitian dilakukan pada hari Minggu dan Senin pada pukul 06:00 WIB – 09:00 WIB pada ruas jalan Ir Soekarno – Hatta (Ruas Pasar Natar) Sejauh 200 meter. Pengambilan data menggunakan metode survei yang selanjutnya dihitung menggunakan MKJI 1997 untuk jalan dalam kota. Berdasarkan hasil perhitungan maka didapat derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,798 dengan volume sebesar 2095,25 smp/jam, Kapasitas sebesar 2623 smp/jam, kecepatan arus bebas sebesar 47,31 Km/Jam, kecepatan rata- rata kendaraan ringan LV sebesar 38 Km/jam. Didapatkan solusi terbaik yaitu dengan melakukan pengaturan hambatan samping pejalan kaki dan parkir liar dengan penurunan derajat kejenuhan menjadi 0,766 dengan kecepatan arus bebas menjadi 50,27 Km/Jam dan kecepatan rata- rata kendaraan ringan LV menjadi 42 Km/Jam.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405200004

Keyword
Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Side Barriers, Saturation Degree, Speed