Identifikasi Kepuasan Pengunjung dan Pedagang Terhadap Sarana dan Prasarana Pasar Mandiri Way Kandis
Pasar tradisional adalah pasar dengan lokasi menetap dan berisi sejumlah toko, kios, los
atau bentuk lainnya dengan pengelolaan tertentu dan menjadi tempat terjadinya proses
tawar menawar. Pasar Tradisional memiliki persyaratan umum seperti aksesibilitas menuju
lokasi pasar yang mudah dijangkau atau di akses serta persyaratan yang mengatur mengenai
spesifikasi dari bangunan atau kondisi fisik pasar seperti ketersediaan saranan prasarana
umum yang menunjang pasar dan persyaratan dalam pengelolaan pasar. pasar tradisional
yg akan diteliti pada penelitian ini adalah Pasar tradisional yang terletak pada Kota Bandar
Lampung yaitu Pasar Mandiri Way Kandis. Pasar Mandiri Way Kandis merupakan salah
satu pasar tradisional yang memiliki masalah seperti pada pasar tradisional umumnya, yaitu
aksesibilitas pasar, pembagian zonasi, pengelolaan pasar, ketersediaan fasilitas umum yang
menunjang kegiatan pada pasar tradisional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
kepuasan pengunjung dan pedagang terhadap sarana dan prasarana Pasar Mandiri Way
Kandis dengan tiga sasaran penelitian. (1) mengidentifikasi kondisi Fisik Pasar Mandiri
Way Kandis; (2) Mengidentifikasi persepsi kepuasan pengunjung Pasar Mandiri Way
Kandis; (3) Mengidentifikasi persepsi kepuasan pedagang Pasar Mandiri Way Kandis.
Metode Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan metode skoring dengan
pengukuran skala likert dinilai berdasarkan aspek kemudahan, kenyamanan, keamanan dan
kebersihan & kesehatan. Dari hasil analisis diketahui hasil kondisi eksisiting didapatkan
saranan dan prasarana Pasar Mandiri Way Kandis memiliki keterpenuhi pada fasilitas yang
tersedia sudah terpenuhi, Pengunjung Pasar Mandiri Way Kandis merasa bahwa fasilitas
saranan dan prasarana di pasar sudah baik dan menjangkau kegiatan jual-beli; Pedagang
Pasar Mandiri Way Kandis merasa berdasarkan setiap aspek penilaian serta pengelolaan
pada pasar sudah mendukung kegiatan jual-beli dan pedagang merasa puas untuk berjualan
di pasar. Sehingga berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan Pasar Mandiri Way Kandis
sudah baik dalam menunjang kegiatan jual-beli serta fasilitas saranan dan prasarana yang
tersedia sudah mendukung hal ini dilihat berdasarkan kesesuaian kondisi eksisiting serta
berdasarkan persepsi pengunjung dan pedagang pasar.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405130018
Keyword
Mandiri Way Kandis Market, Merchant, Traditional M