(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP CALON PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PADA PEMILU 2024 MENGGUNAKAN METODE IndoBERT


Pemilihan umum (pemilu) yang diadakan setiap lima tahun adalah saat krusial yang menandai perwujudan dalam menegakkan prinsip demokrasi dalam tatanan politik di Indonesia. Dalam konteks demokrasi, popularitas partai politik dan figur politiknya memiliki peran yang tak terbantahkan. Meskipun memiliki visi, misi, dan program yang kuat, seorang politisi atau partai akan kesulitan meraih dukungan tanpa popularitas yang mencukupi. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi yang efektif menjadi kunci utama dalam memperoleh dukungan dan suara dalam pemilu. Berdasarkan hal tersebut juga banyak warganet yang menyampaikan pendapat mereka di berbagai sosial media seperti twitter (X). Dari pendapat tersebut dapat dilakukan analisis sentimen untuk memperoleh kesimpulan mengenai sentimen warga masyarakat terhadap suatu tokoh calon presiden tersebut. Untuk mengklasifikasi sebuah kalimat diperlukan adanya metode yang bisa mengelompokan suatu sentimen. Metode IndoBERT merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini untuk mendapatkan hasil sentimen dengan metode pengujian menggunakan Confusion Matrix yang nantinya akan menghitung nilai akurasi dari metode IndoBERT. Hasil pengujian yang dilakukan dengan kombinasi hyperparameter terbaik pada penelitian ini menghasilkan akurasi yang cukup tinggi yakni sebesar 84%.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2404260009

Keyword
analisis sentimen IndoBERT pemilu