(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGARUH KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAKANAN KHAS LAMPUNG KERIPIK PISANG (STUDI KASUS: UMKM SIGER KERIPIK, UMKM ASA CIPTO ROSO, DAN UMKM KERIPIK LAMPUNG)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemasan terhadap minat beli konsumen keripik pisang pada UMKM Asa Cipto Roso, UMKM Siger Keripik, dan UMKM Keripik Lampung. Adapun dimensi kemasan yang digunakan sebagai dimensi pengukuran yaitu material kemasan, tampilan kemasan, bentuk kemasan, dan informasi pada kemasan. Metode analisis yang digunakan berupa PLS-SEM atau Partial Least Square–Structural Equation Modeling. Data diperoleh menggunakan instrumen google form dan diolah dengan instrumen SmartPLS 3.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan data yang digunakan merupakan data primer. Populasi yang digunakan merupakan seluruh konsumen dari UMKM Asa Cipto Roso, UMKM Siger Keripik, dan UMKM Keripik Lampung dengan sampel sebanyak 120 responden yang dipilih sesuai kriteria. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi material kemasan, tampilan kemasan, bentuk kemasan dan informasi pada kemasan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Temuan penelitian ini dapat memberikan implikasi terhadap perancangan kemasan produk keripik pisang yang sesuai dengan selera konsumen sehingga dapat memicu minat beli konsumen pada UMKM Asa Cipto Roso, UMKM Siger Keripik, dan UMKM Keripik Lampung.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2404260006

Keyword
kemasan, PLS-SEM, minat beli. Packaging,PLS-SEM, interest in buying.