(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Rancang Bangun E-Modul untuk Massive Open Online Course (MOOC) Berbasis Preferensi Gaya Belajar Siswa dengan Metode Feature Driven Development (FDD)


Masa pandemi berdampak pada kegiatan pembelajaran PKBM Budi Mulia sehingga memanfaatkan E-Modul dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Dampak ini menjadi pertimbangan lembaga dalam mengembangkan Massive Open Online Course (MOOC) sebagai media kolaboratif dengan penyesuaian preferensi gaya belajar yang digunakan pada lembaga non formal. Pengembangan MOOC bertujuan untuk adanya sistem kolaboratif yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun bagi siswa dengan modul yang disesuaikan dengan preferensi gaya belajar. Hasil dari MOOC ini adalah sistem yang mencakup test assessment penentu preferensi gaya belajar dan akses E-Modul yang digunakan pada tiga sisi role yaitu admin, teacher, dan student. Sistem berhasil melalui 124 skenario tahap pengujian blackbox. Setelah sistem melewati pengujian blackbox, MOOC diujikan pada 30 calon pengguna dengan rentang usia 20-24 tahun dengan rasio jenis kelamin laki-laki dan perempuan 1:1. Responden melalui tahapan pengujian post test terhadap 5 task dan 10 pertanyaan SUS. Pengujian terhadap responden menghasilkan persentase completion rate sebesar 82.00 persen dengan tingkatan sangat efektif serta nilai SUS sebesar 57.75 dengan tingkatan Grade D.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2404040003

Keyword
FDD, Gaya Belajar, MOOC